Rabu, 15 Mei 2019

Tips Cara Mencabut Flashdisk Tanpa “Safe Remove”

Sebagian besar orang untuk melindungi data dari kerusakan dalam flasdisk biasanya akan terlebih dahulu memilih safely remove sebelum mencabut flashdisk dari port laptop atau komputer. Mereka juga melakukan hal itu untuk memastikan bahwa data sudah benar-benar tersimpan di dalam flasdisk.

Meskipun bertujuan baik melakukan hal itu, namun kebiasaan safely remove ini pasti akan memkan banyak waktu dan bisa memperlambat kerja Anda. Ketika pada saat Anda hendak terburu-buru dan bertindak cepat karena dikejar waktu. Sebenarnya hal seperti ini tidak wajib dilakukan karena semua USB flashdisk telah diatur supaya dapat dipasang dan dilepaskan begitu saja tanpa harus lebih dulu Anda memilih safely remove untuk flashdisk.



Seperti yang dikutip dari Cnet, pada Rabu (2/9/2015) berikut adalah tips bagaimana cara mengganti pengaturan pada USB agar Anda tidak perlu melakukan “safely remove” lagi pada saat melepaskan dan memasang flasdisk.

1. Pasang flashdisk ke port USB

Masukkanlah flashdisk milik Anda ke port USB laptop atau komputer Anda. Lalu pilih dan jalankan aplikasi Device Manager, dengan cara Anda cukup milih dan mengklik logo Windows pada laptop atau komputer Anda, kemudian silahkan Anda ketik “device manager” di bagian search bar lalu tekan Ente pada keyboard. Setelah itu akan tampil aplikasi tersebut pada desktop laptop atau komputer Anda.

2. Cari Disk Drives

Kemudian selanjutnya cari dan klik pada bagian Disk Drive dan tanda panah yang disebelah tulisan tersebut untuk melihat daftar perangkat yang terhubung ke komputer atau laptop Anda. Lalu pilih dan klik dua kali dengan mouse Anda pada nama flashdisk Anda yang terpasang ke laptop atau komputer lalu akan tampil sebuah menu.


3. Pilihlah Quick Removal (default)

Pada menu yang tampil tersebut silahkan Anda pilih tab Policies dan kemudian carilah pada bagian Removal Policy lalu pilih dan klik pada Quick Removal (default). Cara yang Anda lakukan ini merupakan cara bahwa flasdisk atau pun Windows tidak akan lagi menyimpan data sementara pada cache atau men-disable proses caching pada USB dan Windows sehingga flasdisk Anda dapat langsung dilepas setelah selesai dipakai.


Tetapi hal ini tidak akan bekerja jika Anda memaksa untuk mencabut flashdisk ketika sedang berjalannya penyalinan data, memutar video dari flashdisk atau kegiatan lainnya ketika data yang ada di dalam flashdisk sedang digunakan. Silahkan Anda selesaikan terlebih dahulu untuk proses penyalinan data dan tetap pastikan lampu indikator di flashdisk mati sebelum Anda ingin mencabutnya dari laptop atau komputer Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar