Rabu, 15 Mei 2019

Cara Mengetahui Memori Laptop atau Komputer

 Mengetahui Jumlah Memori pada Laptop atau Komputer sangat penting sekali bagi pengguna yang ingin menginstal game atau aplikasi yang membutuhkan spesifikasi komputer yang khusus, artinya ada beberapa aplikasi yang tidak bisa diinstal kalau spesifikasi laptop atau komputer kamu tidak mumpuni atau belum cukup memori untuk mengoperasikan aplikasi atau game tersebut. Nah, untuk mengatasi hal itu kamu harus tahu dulu, bagaimana sih spesifikasi laptop yang kamu miliki?



Untuk mengetahui spesifikasi laptop yang kamu gunakan alangkah baiknya kamu mengetahui berapa banyak RAM yang tersedia, sangat membantu dalam banyak hal seperti itu untuk mengetahui, apakah ada cukup ruang dalam memori untuk menjalankan program baru.

Kompatibilitas berbagai aplikasi baru sangat bergantung pada jumlahnya yang tersedia, dan pengetahuan Cara Mengetahui Memori  Laptop atau Komputer dapat digunakan berbagai tujuan.

1. Apa itu RAM?

Sebelum mengetahui Cara Mengetahui Memori Laptop atau Komputer ada baiknya anda tahu sedikit tentang RAM. Ini singkatan dari Random Access Memory dan menyiratkan kemampuan menyimpanan data dari mesin. Data yang disimpan di dalamnya dapat diakses dari titik manapun dan tanpa mengikuti urutan (acak), yang semuanya terintegrasi dalam sirkuit terpadu. Setiap komputer memiliki chip RAM pada motherboard komputer untuk menyimpan data dan informasi penting. Telah sering melihat bahwa jika sebuah komputer mengandung memori yang lebih, ia bekerja lebih cepat dalam proses pengambilan data dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

2. Untuk apa kita mengetahui kapastias RAM?

Jika ingin membeli komputer baru, RAM dan graphic card inilah yang menjadi patokan utama para pembeli, selain prosessor. Mengapa? Karena mereka berpendapat kalau memori RAM dan graphic card semakin besar, maka performa juga bisa semakin tinggi.

Kedua perangkat ini sangat penting keberadaanya di komputermu. Terlebih bagi kamu yang suka bermain game, mengoperasikan software-software multimedia, seperti editing gambar, video, dan lain-lain. RAM dan graphic card pasti memegang perang yang sangat penting.

3. Bagaimana Cara Mengetahui Memori  Laptop atau Komputer?

Cara Mengetahui Memori Komputer atau Laptop pada Windows XP – Pengguna Windows XP memiliki banyak cara yang dapat mereka gunakan untuk memeriksa RAM pada komputer mereka. Produsen komputer telah membuat sebuah pekerjaan yang sangat sederhana. Hal ini mempermudah dalam instalasi memori mendatang.

Berikut ada 3 cara yang bisa kamu lakukan

  • Klik pada ‘Start’ menu dan menunggu jendela menu Start untuk muncul ke atas. Klik kanan pada ‘My Computer‘, kemudian klik ‘Properties’. Pilih tab yang ‘General’. Anda akan dapat melihat RAM di komputer Anda di sini.

  • Klik pada ‘Start menu‘ dan kemudian pilih ‘Run’. Pada kotak dialog yang terbuka, ketik ‘dxdiag’ lalu tekan enter. Konfigurasi sistem akan muncul pada jendela baru.

  • Cara 3 untuk Anda adalah untuk mengikuti petunjuk ini. Klik pada menu ‘Start’, kemudian ke ‘Programs’, lalu ke ‘Aksesoris’, selanjutnya ‘System Tools‘, dan kemudian ke ‘Sistem Informasi‘. Anda juga dapat melihat konfigurasi RAM komputer dari sini.

4. Cara Melihat Memori Komputer pada Vista, Windows 7 dan Windows 8

Anda dapat mengikuti metode yang sama mengklik tab ‘Start’ dan kemudian pilih ‘Run’ dan ketikan ‘dxdiag’ dan tekan enter, atau Anda bisa klik kanan pada ‘My Computer‘ dan pilih ‘Properties’ dan kemudian pilih tab ‘General‘ untuk melihat konfigurasi komputer Anda. Cara lain bagi Anda untuk adalah klik ‘start’, lalu ke ‘Control Panel‘ dan pilih ‘System Maintenance‘ di Classic View. Sekarang pilih ‘System’ dan kemudian kategori ‘system’ untuk melihat informasi tentang konfigurasi komputer Anda.

Ada banyak cara sederhana untuk melihat konfigurasi sistem anda termasuk memori komputer. Begitu Anda selesai belajar langkah-langkah ini Anda dapat melihat rincian tentang RAM sistem Anda kapan saja.

Sekian penjelasan tentang Cara Mengetahui Memori Laptop atau Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar