Jumat, 17 Mei 2019

Mengintip Desain Rumah Jawa yang Super Cantik dan Menarik

Desain rumah merupakan sajian apik yang selalu menarik untuk di bahas dan di perbincangkan. Terurama bagi anda yang sedang mencari ide untuk desain rumah impian. Pastinya pembincangan dengan tema desain rumah akan selalu menjadi hal menarik bagi anda.

Ya, desain rumah memang akan sangat menyenangkan bagi siapa saja yang menyukai seni desain. Tentunya termasuk anda juga bukan ? ya, jika benar maka anda tidak salah memasuki sebuah blog, karena kali ini dengan special saya akan menyajikan sedikit pembahasan tentang desain rumah yang lebih tepatnya desian rumah jawa.

Mengenal Keanggunan Rumah Joglo Ditanah Jawa


Sebagai orang Indonesia yang mencintai budayanya. Saya sangat terkesan saat melihat banyak sekali kebudayaan, adat serta kebiasaan unik yang dimiliki oleh negara Indonesia tercinta ini. Kebudayaan tersebut sangat beragam mulai dari tarian, pakaian adat, makanan pokok, lagu tradisional dan yang lebih menarik adalah bentuk dan desain rumah adat setiap daerah yang berbeda beda.

Dari sekian banyak rumah adat yang tersebar di seluruh Indonesia, saya tertarik dengan rumah jawa atau yang di kenal juga dengan nama rumah joglo. Rumah joglo ini merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang tersimpan di tanah jawa.

Rumah joglo ini mampu menarik perhatian karena kecantikan desainnya serta desain ruang dan bagian bagian rumah yang penuh dengan nilai seni serta makna filosofi indah untuk setiap ruang dan furniturenya.

Keunikan rumah joglo ini selain terlihat dari desainnya, juga terletak pada sejarahnya. Dimana, zaman dulunya hanya sesorang yang memiliki keturunan darah biru, pejabat atau pun priyai. Kendati begitu, semakin berkembangnya zaman, rumah joglo ini semakin banyak dimiliki oleh masyarakat bebas.

Banyak masyarakat yang tertarik dengan keunikan dan kecantikan rumah joglo ini, sehingga banyak dari mereka yang menjadikan rumah adat jawa ini sebagai rumah idaman. Sebagai hasil dari revolusi zaman, kini terlahir banyak desain desain rumah jawa dengan model dan tema yang beragam dengan gaya modern yang tentunya semakin membuat rumah joglo ini semakin unik dan cantik.

Bagian Ruang Rumah Jawa Yang Penuh Filosopi


Seperti yang telah di bahas di awal, bahwa rumah jawa memiliki keunikan dan kecantikan tersendiri yang menjadikan rumah ini selalu terlihat menarik dalam keanggunannya. Tidak habis sampai disana, rumah etnik jawa ini juga memiliki desain dengan filosofi indah di dalamnya.

Filosofi ini terletak dan terkandung dalam setiap bagian ruang yang di desain dengan sangat indah serta letak antar ruang satu dengan ruang lainnya yang strategis. Berbicara masalah ruang, berikut ini adalah bagian bagian dari rumah jawa yang penuh filosofi :

1. Bagian Pendopo
 

Bagian pertama yang akan anda lihat saat meliat desain rumah joglo adalah bagian pendopo yang letaknya berada dibagian paling depan dan berfungsi sebagai ruang tamu. Berbeda dengan ruang tamu pada rumah biasa yang biasanya tertutup, bagian pendopo pada rumah jawa ini dibiarkan terbuka tanpa dinding.

Hal ini memiliki filosofi yang berkaitan dengan keramahan masyarakat jawa yang selalu terbuka, serta menerima tamu yang datang dengan tidak memilih memilih. Selain itu, pada bagian pendopo yang berfungsi sebagai ruang tamu ini biasanya tidak memiliki kursi tamu. Masayarakat jawa biasanya mengganti kursi ini dengan tikar atau pun karpet untuk tempat duduk.

Hal tersebut memiliki filosofi yang sangat indah yakni menyamakan kedudukan atau kesamaan derajat antara tamu dan tuan rumah. Selain itu hal tersebut juga dimaksudkan untuk menciptakan keakraban yang lebih dekat antara tuan rumah dan tamu.

 

2. Bagian Pringgitan



Setelah memasuki bagian pendopo, kemudian anda akan menemui sebuah ruang tengah yang luas. Terletak antara pendopo dan omah dalam. Ya, inilah bagian pringgitan yang berfungsi untuk menerima tamu yang masih memiliki hubungan kerabat atau pun persaudaraan.

Selain itu, dalam acara adat bagian pringgitan ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukan. Sebab itulah kenapa ruangan yang satu ini di buat dan di desain dengan desain yang lebih luas.

3. Bagian omah dalem

 


Desain Rumah JawaBagian omah ndalam adalah bagian privat dari seluru keluarga. Di tempat ini biasanya digunakan sebagai tempatnya bercengkrama antara keluarga satu dengan keluarga lainnnya. Dalam bagian omah ndalam ini biasanya terbagi kembali dalam beberapa bagian. Yakni ruang tengah atau ruang keluarga dan tiga kamar yang di sebut dengan sentongan.

Ketigan sentongan ini memiliki fungsi yang berbeda beda satu sama lainnya. Kamar pertama berfungsi sebagai tempat tidur kaum laki laki. Kemudian kamar kedua biasanya di biarkan kosong dengan perlengkapan kamar yang lengkap.

Di dalam kamar ini biasanya di gunakan sebagai tempat menyimpan benda pusaka seperti keris. Selain itu, disini juga akan di jadikan tempat menyimpan hasil panen pertama. Dan yang terakhir kamar ketiga digunakan sebagai tempat istirahat kaum perempuan.

Membicarakan desain rumah jawa memang tidak ada habisnya. Selain memiliki makna kebudayaan dan kental akan nilai seni, rumah etnik jawa ini juga ternyata banyak mengandung filosofi yang baik untuk kehidupan.

Semakin berkembangnya teknologi di bidang desain, kini banyak hadir rumah etnik jawa yang di sulap menjadi rumah modern yang etap tidak menghilangkan nilai kebudayaannya. Beragam jonsep seperti konsep minimalis, mewah, dan modern bisa ada gunakan dalam desain rumah jawa masa kini.

Bagaimana ? menarik bukan ? Desain rumah jawa memang memiliki keanggunan yang luar biasa untuk di jadikan rumh idaman keluarga yang bahagia.

Sekaian dan Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar