Selasa, 14 Mei 2019

Tips Cara Memperkuat Sinyal Ponsel


Anda sering kali memperhatikan pada smartphone yang Anda lihat sinyal operator yang Anda gunakan ternyata melemah atau tiba-tiba terputus. Kondisi ini bagi Anda yang sering menggunakan smartphone sebagai komunikasi sangatlah mengganggu apalagi jika Anda sedang membicarakan hal-hal penting lewat telepon. Kebiasaan orang yang mengalami ini biasanya akan berjalan kesana kesini untuk mencari sinyal operator.

Namun pada saat Anda menemukan sinyal, hal tersebut tidak dapat Anda jadikan indikator bahwa Anda sudah terkoneksi dengan provider operator Anda termasuk jumlah bar sinyal pada ponsel Anda.

Cara lain untuk mengetahui kekuatan sinyal smartphone Anda adalah jika Anda pengguna smartphone Android cukup Anda ke bagian Setting, kemudian pilih Network. Pada bagian tersebut Anda akan ditunjukan kekuatan sinyal smartphone Anda dengan satuan decibel miliwatts (dBm).



Bagi Anda yang menggunakan iPhone Anda harus melakukan cara yang berbeda dengan smartphone Android yaitu dengan cara menekan tombol *3001#12345# pada dial pad iPhone, Anda akan dibawa ke menu Field Test dan kekuatan koneksi operator Anda akan dapat Anda peroleh dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Lalu untuk mengukur kekuatan sinyal operator Anda adalah dengan memperhatikan angka di depan satuan tersebut. Jika sinyal operator Anda pada posisi -100 dBm maka hal itu menunjukkan bahwa kekuatan sinyal operator Anda diposisi terburuk. Jika Anda melihat sinyalnya pada posisi angka -70 dBm maka kualitas sinyal smartphone Anda dalam posisi baik.

Setelah Anda mengerti cara mengukur seberapa besar kekuatan sinyal smartphone Anda, berikut ini merupakan langkah-langkah bagaimana cara memperkuat sinyal jika sinyal smartphone Anda pada posisi terburuk.

1. Buatlah titik-titik sinyal

Sebelum Anda melakukan komunikasi dengan smartphone Anda, lakukanlah terlebih dahulu menentukan daerah-daerah mana saja yang memiliki sinyal yang kuat. Silahkan Anda nyalakan Mode Field Test atau ke bagian Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal operator. Lalu tandailah dearah-daerah tersebut disekitar rumah Anda.

Jika Anda sudah menentukan titik daerah dengan sinyal yang kuat di daerah sekitar rumah Anda, Anda dapat menelepon atau berselancar dengan internet pada titik daerah yang memiliki sinyal kuat.

2. Menyalakan Airplane Mode

Dengan menyalakan fitur Airplane Mode pada smartphone Anda kemudian pada tiga detik berikutnya Anda matikan fitur tersebut dapat me-refresh jaringan koneksi operator yang Anda gunakan.

Saat sistem smartphone Anda ini melakukan hal itu, smartphone Anda akan mencari pemancar terdekat disekitar Anda. Dengan demikian, sinyal yang diterima oleh smartphone Anda akan lebih kuat dari pada sebelumnya.

3. Buka Jendela

Jika Anda didalam sebuah ruangan tertutup atau didalam rumah dan sinyal operator Anda pada posisi buruk, bukalah jendela atau berdirilah di ruangan terbuka. Hal yang sama bisa Anda lakukan jika Anda berada didalam mobil dengan cukup membuka jendela mobil Anda. Cara ini merupakan cara untuk membuka jalur pantulan sinyal yang diterima atau dikirim oleh ponsel Anda dengan demikian tidak ada yang menghalangi jalur sinya tersebut. Logam pada mobil merupakan salah satu material yang sulit ditembus oleh sinyal smartphone Anda.

4. Cek baterai

Melakukan pengecekan baterai sebelum melakukan aktivitas dengan smartphone Anda merupakan hal yang penting untuk sinyal smartphone Anda. Smartphone telah di desain akan melakukan mode penghematan daya secara otomatis pada saat baterai smartphone Anda pada posisi paling lemah. Pada fitur mode ini smartphone Anda juga akan memutuskan sementara koneksi ke jaringan operator Anda, karena koneksi ke penyedia layanan Anda akan memakan banyak daya dari baterai smartphone Anda.

Jika Anda memperhatikan ini salah satu penyebabnya silahkan Anda cukup charge ke listrik disekitar Anda atau mengisi daya baterai dengan power bank yang Anda miliki.

5. Mendekati pemancar sinyal operator

Silahkan Anda mengunduh terlebih dahulu aplikasi bernama Open Signal di smartphone Android Anda. Aplikasi sangat berguna apalagi jika Anda berada di daerah terpencil yang memilik sinyal operator yang lemah disekitar tempat tersebut. Dengan Aplikasi ini Anda dapat mengecek dan mengetahui disekitar Anda ada berapa banyak menara pemancar sinyal operator yang Anda gunakan.

Dengan demikian jika Anda mengalami gangguan pada saat menelepon dan mengirim pesan, cobalah cari pemancar terdekat disekitar Anda dengan aplikasi tersebut dan berjalan mendekati pemancar tersebut untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Secara otomatis ponsel akan terkoneksi ke pemancar terdekat melalui aplikasi Open Signal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar