Selasa, 14 Mei 2019

Cara Sharing Pinter Lewat Wifi di Windows 7,8, dan 10


 

Cara Sharing Pinter Lewat Wifi di Windows 7,8, dan 10


Cara Sharing Pinter Lewat Wifi – Sharing printer merupakan sebuah pengaturan dimana satu printer bisa digunakan dalam waktu bersamaan oleh beberapa PC yang tersambung pada jaringan LAN atau Wifi. Dengan adanya Sahring Printer ini menghindarkan kalian dari ruang yang sumpek.

Wah kelihatan sangat menarik ya sobat. Namun bagi kalian yang belum bisa melakukan sharing printer ini tak perlu berkecil hati ya.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara sharing printer lewat wifi. Langsung saja yuk kita simak ulasan berikut ini.

Sebelum melakukan sharing pastikan jika setidaknya ada dua komputer yang terhubung dengan Wifi. Dua komputer tersebut terdiri dari komputer Master (komputer yang terhubung dengan printer)dan komputer Klien (komputer yang tidak tersambung dengan printer).

Tak berhenti disitu saja cara sharing printer lewat wifi masih harus melalui tiga tahapan lagi, berikut ini tahapan lengkapnya :
Cara Sharing Printer Lewat WiFi

Cara Sharing Pinter Lewat Wifi di Windows 7,8, dan 10

1. Pengaturan komputer


Sebelum memulai semuanya kalian harus memastikan jika kalian sudah mengetahui tahap-tahap mengeprint dan pastikan juga jika komputer yang kalian gunakan sudah terinstall driver printer. Kemudian buat workgroup yang sama, untuk merubah workgroup kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  1.     Buka Control Panel kemudian buka “Syste”
  2. Lalu pilih tab “Computer Name” pastikan jika nama workgroup sudah sama. jika nama group belum sama kalian bisa merubahnya terlebih dahulu dengan memilih option “Change”
  3. Setelah mengganti nama workgroup sesuai dengan keinginan kalian bisa klik “OK”

2. Pengaturan Komputer Master/Server

Komputer yang nantinya akan digunakan sebagai Server harus disettin sebagai berikut :

  1.   Buka Control Panel kemudian buka “Printer and Faxes”.
  2. Jika komputer yang hendak digunakan sudah siap dan sudah terhubung dengan komputer master/server Klik Kanan pada ikon printer yang hendak kalian gunakan kemudian klik “Sahring Properties”. Lalu pilih “Share this printer”
  3. Beri nama sesuai dengan keinginan kalian.
  4. Klik “Ok.
  5. Jika kalian diminta untuk mengkonfirmasi atau muncul permintaan CD Windows kalian bisa memilih “Just enable file and printer sharing”
  6. Lalu pilih dan klik “Ok”

3. Pengaturan Komputer Client

Setelah melalui tahap pertama dan kedua kini Cara Sharing Printer Windows 7,8, dan 10 Lewat Wifi dilanjutkan dengan melakukan pengaturan sharing printer pada komputer client dengan tahap sebagai berikut :

  1.  Buka Control Panel kemudian buka “Printer and Faxes”.
  2. Pada tab sevelah kiri kalian pilih “Add a printer”
  3. Setelah terbuka kalian pilih “next -> Printer sharing windows”
  4. Lalu pilih “Browse for printer” kemudian pilih “Next”
  5. Secara otomatis komputer client akan mencari printer yang telah di share
  6. Untuk mempersingkat waktu pencarian kalian bisa melakukan pilihan kedua yakni dengan memilih “Connect to this printer” dengan mengetik nama printer server sekaligus nama printer yang di share
  7. Lalu akan muncul informasi sebagai pemberitahuan apakah kalian ingin menjadikan printer share tersebut sebagai default. Jika iya kalian bisa memilih “Yes” jika tidak kalian bisa pilih “No”

Itu tadi adalah cara sahring printer lewat wifi. Semoga ulasan tadi bermanfaat untuk kalian semua yaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar